Wednesday, December 17, 2008

Siapakah Jemaat Kristus itu ?

Siapakah jemaat Kristus itu
Oleh: Batsell Barrett Baxter
I. Apakah Tujuan Terpenting Jemaat Kristus ?
Tujuan Utama adalah untuk kesatuan agama berdasarkan Alkitab. Dalam dunia agama yang terpecah-pecah adalah dipercaya abhwa Alkitab adalah sartu-satunya kemungkinan yang umum dari sebagain besar walaupun tidaks emua, orang yang takut akan Allah di dunia dapat dipersatukan. Inilah suatu keinginan untuk kembali kepada Alkitab. Suatu usaha untuk berbicara dimana Alkitab berbicara dan diam dimana Alkitab diam dalam segala perkara yang hubungannya dengan keagamaan. Penekanan lebih jauh bahwa dalam segala sesuatu harus ADA ,"demikianlah firman Allah" untuk semua yang dilakukan. Secara objektif adalah kesatuan agama dari semua yang percaya dalam Kristus. Dasarnya adalah Perjanjian Baru. Metodenya adalah pemulihan Kekristenan Perjanjian Baru.
II. Latar Belakang Sejarah Restorasi
Satu pelopor mula-mula untuk kembali kepada Kekristenan Perjanjian Baru, artinya mencapai kesatuan semua yang percaya pada Kristus, adalah Jamres O,Kelly dari gereja Methodist Episcopal. Pada tahun 1793 dia mengundurkan diri dari dewan Baltimore dari jemaatnya dan mengundang orang lain untuk bergabung bersama dia dalam menjadikan Alkitab sebagai satu-satunya ajaran. pengaruhnya sangat besar dirasakan di Virginia dan North Carolina dimana sejarah emncatat ada 7000 anggota yang mengikuti kepemimpinannya untuk kembali kepada Kekristenan Perjanjian Baru yang asli.
Pada tahun 1802 gerakan yang sama ditengah-tengah gereja baptis di New England dipimpin oleh Abner Jones dan Elias Smith. Mereka sangat prihatin "nama-nama dan ajaran denominasi" dan memutuskan hanya memakia nama Kristen, menajdikan Alkitab sebagai satu-satunya penuntun. Pada tahun 1804, di bagain barat negara bagian Kentucky, Barton W.Stone dan beberapa pengkhotbah Presbyterian lainnya mengambil tindakan yang sama mengumumkan bahwa mereka akan emjadikan Alkitab "satu-sdatunya penuntun yang pasti ke Sorga". Thomas Campbell dan anaknya yang terkenal Alexander Campbell mengambil langkah yang sama pada tahun 1809 yang sekarang berada di negara bagain West Virginia. Mereka berpegang bahwa tidaka da apapun yang mengikat atas orang Kristen sebagai perkara doktrin selain Perjanjian Baru. Meskipun keempat pergerakan ini adalah sama sekali independen pada permulaannya pada akhirnya mereka menajdi gerakan restorasi yang kuat karena punya tujuan dan maksud yang sama. Kesemua orang ini tidak memepelopori memulai jemaat baru, melainkan kembali kepada jemaat Kristus seperti yang dijelaskan dalam Alkitab.
Anggota jemaat Kristus tidak meneybut diri mereka sebagai anggota yang dimulai mendekati abad 19, tetapi seluruh gerakan dirancang untuk menghasilkan kemabli ada waktu yang sedang berjalan jemaat yang aslinya dimuali pada hari Pentakosta ,tahun 30 AD. kekautan usaha ini terletak apda pemulihan jemaat Kristus yang asli.
III. Ada berapa banyak jemaat Kristus ?
Berdasarkan data terakhir diperkirakan lebih dari 15000 lokasi jemaat Kristus ," Chrsitan Herald" sebagi terbitan umum keagamaan yang menulis data statistik tentang semua gereja, diperkirakan bahwa total jemaat Kristus sekarang berjumlah 2.000.000. Ada lebih dari 7000 orang yang melayani. Keangotaan jemaat lebih banyak di bagian Selatan US, terutama di Tennessee dan Texas, meskipun jemaat ada di seluruh 50 negara bagian dan lebih dari 80 negara di luar US. Pengiriman missionari telah gait sejak Perang Dunia II ke Eropah,, Asia dan Afrika. Lebih 450 pekerja fulltime yang disponsori bekerja di luar negeri. Jemaat Kristu sekarang mempunyai jumlah anggoa lima kali lebih banyak dibandingkan dengan yang dilaporkan di US dalam sensus Agama tahun 1936.
IV. Bagaimana jemaat berhubungan secara organisasi ?
Mnegikuti rencana yang terdaapt dalam Perjanjian Baru, jemaat-jemaat Kristus adalah otonom. Iman mereka yang sama dalam Alkitab dan mendukung pengajarannya adalah penghubung utama yang mengikat mereka bersama-sama. Tidaka da kantor pusat jemaat, dan tidak ada orgnaisasi lebih tinggi dari para epnatua dalam amsing-masing jeaat lokal. Jemaat-jemaat bekerjasama secara sukarela dalam mendukung ( membiayai) yatim piatu dan jompo, mengabarkan Injil di ladang yang baru, dan pekerjaan lainnya.
Anggota-anggota jemaat Kristus menjalankan 40 sekolah enegah dan perguruna ti9nggi, dan 75 panti asuhan yatim piatu dan panti jompo. Ada 40 majalah dan terbiatan berkala yang diterbitkan oleh anggota jemaat. Program radio dan TV nasioanl yang dikenal dengan " The Herlad Truth" yang dibiayai oleh jemaat Highland Avenue di Abilene Texas. rata-rata pengleluarannya $ 1.200.000/tahun, hasil dari sumbangan sukarela anggota jemaat-jemaat Kristus lainnya. Program radio didengar di lebih dari 800 stasiun radio, sementara program TV lebih dari 150 stasiun. pengembangan usaha radio yang lain dikenal dengan "World Radio" memiliki jaringan dari 28 stasiun di Brazil sendiri, dan dioperasikan secara efektif di US dan sejumlah negara lain, dan diproduksi dalam 14 bahasa. Program iklan besar dalam majalah-majalah nasional terkemuka dimulai November 1955.
Tidaka da kongres, pertemuan tahunan,a tau kantor pusat penerbitan, "ikatan yang mengikat" adalah loyalitas yang sama kepada prinsip pemulihan Kekristenan Perjanjian Baru.
V. Bagaimana Jemaat Kristus dijalankan ?
Dalam setiap jemaat, yang telah berdiri cukup lama untuk diorganisir sepenuhnya, ada kejamakan penatua atau presbyter yang melayani sebagai pemimpin tubuh. Orang-orang ini dipilih oleh jemaat lokal berdasarkan kualifikasi yang ditentukan dalam Alkitab ( I Timotius 3:1-8). Melayani dibawah para penatua adalah deakon-deakon, guru-guru dan evangelist atau minister. Mereka ini tidak punya otoritas sama atau lebih tinggi dari penatua-penatua. Penatua-penatua adalah gembala-gemabala atau penilik-penilik yang melayani dibawah kepemimpinan Kristus berdasarkan Perjanjian Baru, yang adalah jenis konstitusi. Tidak ada otoritas dunia yang lebih tinggi dari para penatua-penatua jeamat lokal.
VI. Apa yang jemaat Kristus percayai tentang Alkitab ?
Riwayat asli dari 66 kitab yang menjadi Alkitab diterima telah diwahyukan Allah, yang artinya bahwa semuanya adalah benar dan berkuasa. Referensi kepada ayat Alkitab dibuat untuk menjawab setiap pertanyana keagamaan. Perkataan dari Alkitab dianggap sebagai perkataan akhir. Buku teks dasar jemaat dan dasar semua khotbah adalah Alkitab.
VII. Apakah jemaat Kristus percaya dalam kelahiran perawan ?
Ya. Pernyataan dalam Yesaya 7:14 diambil sebagai nubuatan kelahiran Kkristus dari seorang perawan. Ayat Perjanjian Baru seperti Matius 1:20,25, diterima sebagai yang sangat berharga sebagai pengumuman kelahiran perawan. Kristus diterima sebagai Putra Tunggal Allah, bersatu dalam pribadiNya Allah dan manusia secara sempurna.
VIII. Apakah jemaat Kristus percaya pada predestinasi ?
Hanya dalam arti bahwa Allah menentukan orang benar selamat selama-lamanya dan orang berdosa sesat selama-lamanya. Pernyataan rasul Petrus, " Sesungguhnya aku telah mengerti ,bahwa Allah tidak membedakan orang. Setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamlkan kebeanran berkenan kepadaNya" ( Kisah 10:34,35 ), diambil sebagai bukti bahwa Allah tidak menentukan individu-individu sewlaamt atau sesat selaam-lamanya, tapi masing-masing orang menentukan tujuannya sendiri.
IX. Mengapa Jemaat Kristus membaptis hanya dengan penguburan ?
Kata membaptis berasal dari kata Junani "baptizo" dan secara hurufiah artinya, " mencelupkan, menguburkan, membenamkan". Dalam tambahan kepada arti hurufiah penguburan dipraktekkan sebab itu dipraktekkan pada zaman rasul-rasul. Dan lebih jauh, hanya penguburan sama dengan deskripsi akan baptisan yang diberikan rasul Paulus dalam Roma 6:3-5 dimana dia mengatakan itu sebagai penguburan dan kebangkitan.
X. Apakah baptisan bayi dipraktekkan ?
Tidak. Hanya orang yang telah mencapai usia bertanggungjawab atau bisa membedakan baik dan buruk diterima untuk dibaptis. Dijelaskan bahwa contoh-contoh diberikan dalam Perjanjian Baru adalah selalu orang yang telah mendengar Injil dan mempercayainya. Iman harus ada sebelum baptisan, jadi hanya orang yang cukup umur untuk mengerti dan percaya Injil dianggap cocok untuk menerima baptisan .
XI. Apakah pelayan (minsiter) jemaat mendegar pengakuan ?
Tidak. Para minister atau evangelist-evangelist jemaat tidak punya hak prerogative istimewa. Mereka tidak memakai gelar Rverend atau Bapa, tetapi hanya panggilan "saudara" sama seperti anggota pria jemaat lainnya. Bersama para penatua dan yang lainnya mereka melakukan konseling dan nasehat bagi yang membutuhkan pertolongan .
XII. Apakah doa-doa ditujukan kepada orang-orang kudus ?
Tidak. Allah Bapa dianggap sebagai satu-satunya yang kepadaNya doa boleh dinaikkan. Adalah dimengerti bahwa Kristus berperan pada posisi sebagai mediator ( perantara) antara Allah dan manusia ( Ibrani 7:25 ). Karena itu semua doa dipersembahkan melalui Kristus,a tau dalam nama Kristus ( Yohanes 16:23-26 ).
XIII. Berapa sering makan Perjamuan Kudus ?
sangat diharapkan abwa setiap anggota akan berkumpul untuk kebaktian setiap hari Tuhan ( Minggu ). Bagian pusat dari kebaktian adalah makan perjamuan Kudus ( Kisah Rasul 20:7). kecuali halangan yang tidak bisa dihindari, setiap anggota dianggap terikat pada undangan setiap minggu ini. Dalam aksus sakit, perjamuan kudus (Tuhan) dibawakan kepada orang yang tidak hadir dalam kebaktian karena sakit.
XIV. Musik apa yang digunakan dalam kebaktian ?
Sebagai tujuan utama akan ejmaat - kembali kepada iman dan praktek Perjanjian Baru nyanyian acapella adalah satu-satunya musik yang digunakan dalam ekbakltian. nayaina ini, tidak diiringi oleh alat musik instrumen, sesuai dengan musik yang digunakan dalam jemaat pada zaman rasul-rasul dan beberapa abad setelah itu ( Efesus 5:19 ). Diayakini bahwa ada otoritas untuk terlibat dalam aksi kebaktian yang tidak terdaapt dalam Perjanjian Baru. Prinsip ini menghapuskan penggunaan instrumen musik bersama dengan pengunaan lilin, pembakaran dupa, dan alat-alat yang sama lainnya.
XV. Apakah Jemaat Kristus percaya akan Sorga dan Neraka ?
Ya. Pernyataan Krsitus dalam Matius 25, dana ayat lainnya, diambil seabagi pegangan. Percaya bahwa setelah kematian setiap orang harus menghadap Allah di pngadilan dana dia akan diadili berdasarkan perbuatan yang dilakukan sewaktu dia hidup ( Ibrani 9:27 ). Setelah pengadila dijalani dia akan menghabiskan kekekalan apakah di Sorga atau Neraka.
XVI. Apakah Jemaat Kristus percaya purgatory ?
Tidak. Tidak ada ayat dalam Alkitab yang berbicara tempat penyiksaan sementara yang darisana jiwa pada akhirnya akan dibebaskan dan masuk Sorga, jemaat Kristus menolak ajaran purgatory.
XVII. Dengan cara bagaimana jemaat memperoleh dukungan keungan ?
Setiap hari pertama dalam minggu anggota jemaat "menyimpan sendiri dalam penyimpanannya sebagaimana diberkati " ( I Korintus 16:2 ). Jumlah persembahan dari setiap orang pada umumnya hanya diketahui orang yang memberikan kepada Tuhan. Persembahan sukarela ini satu-satunya pengambilan uang yang dilakukan jemaat. Tidak ada sumbangan atau pungutan wajib lainnya yang dilakukan. Tidak ada pencarian uang dengan cara sepeti bazaar atau makan, dipraktekkan. Total jika dirata-ratakan $ 200.000.000 diberikan setiap tahun.
XVIII. Apakah jemaat Kristus mempunyai krido ?
Tidak. Setidaknya tidak ada krido dalam arti biasa firman. Kepercayan jemaat adalah dinyatakan sepenuhnya dalam Alkitab. Tidak ada manual atau disiplin lain yang kepadanya anggota jemaat memberikan kesetiannya. Alkitab diterima sebagai satu-satunya penuntun yang benar ke Sorga.
XIX. Bagaimana seseorang menjadi anggota jemaat Kristus ?
Dalam keselamatan jiwa manusia ada dua bagian penting : bagian Allah dan bagian manusia. Bagian Allah adalah bagian besar. " Sebab karena kasih karunia kamu diselamatkan oleh iman, itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itubukan hasil pekerjaanmu jangan ada orang yang memegahkan diri " ( Efesus 2:8,9 ). Kasih yang Allah rasakan untuk manusia. Kehidupan dan aajaran Yesus, pengorbanan ditas salib, dan pengabaran Injil kepada manusia membentuk bagian Allah dalam keselamatan.
Meskipun bagian Allah adalah bagian besar, bagian manusia juga penting jika manusia mau masuk Sorga. Manusia harus memenuhi semua persyaratan pengampunan yang dikatakan oleh Tuhan. Bagian manusia dengan jelas disebut dalam langkah-langkah berikut ini :
* Mendengar Injil. " Bagaimana mereka dapat berseru kepadaNya, jika mereka tidak percaya kepada Dia ? Bagaimana mereka dapat percaya kepada Dia, jka mereka tidak mendengar tentang Dia ? Bagaimana mereka mendengar tentang Dia, jka tidak ada yang memberitakannya ? ( Roma 10:14 ).
* Percaya. " Tetapi tanpa iman tidak mungkin orang berkenan kepada Allah. Sebab barangsipa berpaling kepada Allah, ia harus percaya bahwa Allah ada, dan bahwa Allah memberi upah kepada orang yang sungguh-sungguh mencari Dia " ( Ibran11:6 ).
* Bertobat dari dosa masa silam. " Dengan tidak memandang zaman kebodohan, maka sekarang Allah memberitakan kepada manusia, bahwa dimana-mana semua mereka harus bertobat " ( Kisah 17:30 ).
* Mengakui Kristus sebagai Tuhan. " Lihat disitu ada air, apa halangannya jika aku dibaptis ? Sahut Filipus, jika tuan percaya dengan segenap hati, boleh. Jawabnya : Aku percaya bahwa Yesus Kristus adalah Anak Allah " ( Kisah 8:36-37 ).
* Dibaptis untuk pengampunan segala dosa. " Jawab Petrus kepada mereka. Bertobatlah dan hendaklah kamu masing-masing memberi dirimu dibaptis dalam nama Yesus Kristus untuk pengampunan dosamu, maka kamu akan menerima karunia Roh Kudus " ( Kis 2:38 ).
* Hidup dalam Kehidupan orang Kristen. " Tetapi kamulah bangsa yang terpilih, imamaat yang rajani, bangsa yang kudus, umat kepunyaan Allah sendiri, supaya kamu memberitakan perbuatan-perbautan yang besar dari Dia, yang telah memanggil kamu keluar dari kegelapan kepada terangnya yang ajaib " ( I Petrus 2:9 ).
UNDANGAN TERBUKA
Sekarang saudara sudah tau akan jemaat pada abad 21 yang dibangun berdasarkan cetak biru jemaat Kristus yang asli, mengapa tidak jadi angotanya ? Dengan menjadi anggota jemaat Kristus, saudara tidak akan disuruh untuk melakukan apapun yang saudara tidak bisa baca dalam Perjanjian Baru. Kemudian saudara akan hidup dan beribadah sama seperti rasul-rasul yang menuntun orang Kristen pada bad pertama.
Bukan saja kembali kepada Kekristenan abad pertama, dasar yang ajaib yang didalamnya semua orang yang percaya pada Kristus dapat dipersatukan, itu adalah dasar yang mutlak benar,. Jika kita melakukan sama seperti yang Tuhan kita perintahkan, kita tau bahwa keselamatan kita adalah pasti. Mari bersama kami kembali kepada Alkitab, kembali kepada Kristus dan jemaatNya !
Jika saudara membutuhkan pertolongan memnemukan jemaat Kristus yang terdekat dengan saudara, silahkan email kami di : alepson2001@yahoo.com, dan kami akan dengan senang hati membantu saudara untuk memberitahukannya. Tidaka da satupun dari jemaat akan memaksa saudara melakukan sesuatu hanya kemauan atau kesadaarn saudara sendiri. Silahkan datang dan mengunjungi kami segera. Kami perduli dan mengasihi saudara dan kelaurga.
Kami menunggu kabar dari saudara
Notes Diterjemahkan oleh Alepson S
Dari judul asli :What is the church of Christ ?
Penulis asli dapat diemail di : garcia@church-of-christ.org