Tuesday, January 6, 2009

Christmas

Apakah Natal Itu
By: Rod Rutherford
Bagi banyak orang di seluruh dunia, Natal adalah saat yang paling gembira dan sibuk dalam satu tahun. Berjuta-juta orang yang percaya apda Kristus, merayakan tanggal 25 Desember sebagai hari libur agama yang istimewa. Oleh karena mereka percaya itu sebagai hari kelahiran Yesus Kristus . Para pedagang sering mengambil kesempatan ini untuk memberikan kado untuk menciptakan keuntungan ekstra ( besar). Sebagian orang beragama memprotes akan hal ini, " mengkomersilkan" Natal oleh karena mereka merasa bahwa hari yang kudus, hari yang suci dinodai oleh hal ini.Protes mereka sering berbunyi slogan seperti," Kembalikan Kristus kedalam Christmas". Sedikit orang yang percaya Kristus, sadar akan fakta bahwa Alkitab tidak berbicara sama sekali tentang pesta Khusus untuk merayakan hari kelahiran Kristus.
Alkitab tidak memberitahukan kita hari kelahiran Yesus.Apakah dia lahir pada bulan Desember atau bulan Juli atau bulan lain tidak dinyatakan dalam Injil.Para Sarjana mengakui bahwa mereka tidak tahu tanggal kelahiran Yesus yang pasti.Lebih dari 300 tahun,Natal dirayaka pada tanggal yang berbeda.Pada tahun 354, bishop Roma memutuskan bahwa tanggal 25 Desember adalah hari pesta penyembah berhala dalam penghormatan Dewa Saturnus,akan dirayakan orang Kristen dalam menghormati dalam kelahiran Kristus.Bagaimanapun di timur tanggal ini tidak dapat diterima ; selama berabad-abad tanggal 6 Januari dirayakan sebagai hari kelahiran Yesus khususnya di Mesir.sebagian Gereja Ortodox Timur,bahkan sampai sekarang merayakan tanggal 6 Januari sebagai hari Natal.
Adalah sangat menarik juga bahwa pesta yang berhubungan dengan Natal asalnya dari penyembah berhala, bukan dari dalam Alkitab. Banyak berasal dari katolik. Sebagai contoh nama, "Christmas" itu sendiri berasal dari, "Christ"dan,"Mass" ditujukan kepada gereja Roma katolik. Pohon Natal berasal dari Scandinavia. Penyembah berhala di daerah ini menyembah pohon sebelum mereka percaya pada Kristus. Mendekorasi dengan misletoe ( Sejenis tumbuhan ) didirikan dengan imam Seltik, disebut Druids, yang menggunakan misletoe sebagai mantra untuk mengusir roh jahat.
Pembakaran kayu hari Natal,yang menjadi kebiasaan di banyak negara,berasal dari Scandinavia kuno yang membakar sebuah balok sekali setahun untuk menghormati Thor,dewa halilintar.Baca World Book Encyclopedia untuk contoh lain akan pengaruh berhala dalam kebiasaan Christmas
Alkitab mencatat kelahiran Yesus ditemukan di Matius 1,2; Lukas 2.Tidak ada disinggung tanggal.Tidak ada perintah untuk merayakan kelahiran Tuhan kita.Tidak ada contoh dalam Perjanjian Baru akan perayaan Kelahiran Yesus .Akan tetapi Perjanjian Baru menekankan kematian dan kebangkitan Kristus.KematianNya memungkinkan pengampunan dosa-dosa kita.KebangkitanNya memungkinkan kemenagan kita atas Kematian.
Perjamuan Tuhan adalah,"Menunjukkan kematian Tuhan hingga Ia datang"- 1 Korintus 11 :26.Hari satu-satunya yang ditentukan untuk peringatan Khusus Agama didalam Perjanjian Baru adalah hari Tuhan,Hari Minggu,hari pertama didalam Minggu - Kisah Rasul 20:7; 1 Korintus 16:2; Wahyu 1 Ayat 10.
Apa sikap orang Kristen terhadap Christmas? Apakah kita merayakannya sebagai hari Kelahiran Kristus? sama sekali tidak ! Melakukannya tanpa Otoritas. Apakah kita menikmati hari libur Christmas? dalam Opini penulis,Tidak ada salahnya dengan menikmati hari Libur pada hari Christmas,sama seperti seseorang menikmati hari-hari Libur lainnya pada Tahun tersebut. Jika seseorang berminat untuk mengadakan makan malam bersama dengan keluarga dan teman-teman,tidak ada masalah dengan hal itu.Tetapi menghormati tanggal 25 Desember sebagai hari kelahiran kristus, dan sebagai hari suci ,adalah mengatakan apa yang tidak dikatakan oleh Alkitab dan mengikuti Tradisi manusia melebihi Firman Allah.
Kami mengundang Anda untuk beribadah dan belajar Firman Allah bersama kami Jemaat Kristus ( Church of Christ )yang terdekat dengan alamat Anda.
Apa Arti Christmas bagi saudara ?
Pendahuluan :
Natal adalah akhir pekan yang menakjubkan dengan beberapa alasan. Pertama,itu memberikan kita kesempatan berada disini pada hari pertama dalam Minggu. Tetapi unuk banyak orang,mereka gembira karena besok harinya juga mereka bisa tinggal di rumah. Seperti yang kita semua tau,hari Senin besok ditandai di kalender sebagai hari Umum.
Hari ini di dunia barat dan dibagian lain dunia hari ini dikenal sebagai Christmas ( Natal )
Alasan untuk menyukai Christmas : Christmas adalah salah satu hari libur yang disukai Anak-anak maupun orang dewasa. dan kita semua mempunyai alasan pribadi untuk menyukai Christmas. Supermaket ,toko-toko dan penjual barang-barang mendapat untung yang besar pada musim Natal. Kakek dan Nenek suka berbelanja untuk cucu-cucu mereka.Anak-anak libur sekolah untuk sesaat . Mama dan papa tinggal di rumah pada hari kerja. Sebagaina besar orang berhenti dari kegiatan sehari-hari. Dan masyarakat miskin mendapa perhatian. Yayasan amal melihat perlunya meningkatkan bantuan dan kita semua melihat untuk sesaat mengingat orang-orang yang kurang beruntung. Sahabat-sahabat dan keluarga berkumpul bersama untuk waktu yang baik untuk bersekutu. Orang-orang saling tukar kartu dan ahdiah dan mereka mengatakan kepada sahabat-sahabatnya betapa mereka sangat menghargai dan mengasihinya. Sebagai orang bahkan mendapat bonus (THR) dari majikan atau boss mereka. Sejumlah keluarga akan memasang lampu-lampu hias dan menghias rumah mereka. Saudara sering melihat boneka berbentuk manusia laki-laki dan perempuan serta bayi yang baru lahir dikelilingi oleh binatang di kandang dengan lampu kecil dan daun-daun atau rumput bertebaran dimana-mana.
Dan barangkali bagain yang paling dipersiapakan akan Christmas adalah hadiah yang dibungkus ditempatkan dibawah pohon Natal. Christmas memberikan kita istirahat sejenak sambil menunggu datangnya tahun baru, tetapi alasan utama bagi sebagain besar orang untuk menyukai hari libur adalah : bahwa semua supermarket atau toko kesukaan mereka mengadakan diskon harga besar-besaran, dengan label, " peringatan kelahiran Kristus". Tetapi ada satu lainnya yang special yang belum saya sebutkan. Sebagai tambahan kepada semua yang baru saja saya sebut, Christmas juga dilihat sebagai kelahiran Kristus. Dan sekarang ini digunakan untuk merayakan kelahiran Kristus. Sebagain gereja dan organisasi-organisasi lainnya berseru untuk mengingatkan kita bahwa ini adalah hari kelahiran Kristus. Dan setwlah bertahun-tahun melihat ini, anak-anak bertumbuh berpikir bahwa Kristus lahir pada 25 Desember, 2000 tahun yang lalu. Tetapi saya tegaskan bahwa hal ini tidak benar. Kristus tidak lahir pada tanggal ini. Tetapi seseorang mungkin memberi komentar, "Tidak perduli apakah Yesus lahir apda tanggal ini atau tidak, sepanjang orang mengetahui bahwa Dia lahir,tanggal berapa saja yang mereka pilih adalah tidak relevant ".
Jawabans aya pada pernyataan ini adalah : saya senang Christmas memberikan kepada banyak orang untuk menggambarkan Kristus. Saya senang orang ingin menjangkau dan menolong orang lain dalam nama Kristus. Tetapi itu masih tetap tidak merobah fakta Kristus tidak lahir tanggal 25 Desember. Saya tidak mau berdosa dengan membuat seseorang bingung dan menyesatkan dia, dan saya tidak mau mengingatkan terus menerus sesuatu yang tidak benar. Seseorang mungkin berkata, " Mengapa perlu khotbah seperti ini ? Kita tau Kristus tidak lahir pada tanggal 25 Desember mengapa tidak bicara yang lain ?'
Jawaban saya adalah, " Saya senang saudara tau bahwa 25 Desember bukan kelahiran Yesus,tapi tidak setiap orang yang hadir pada hari ini ( atau embaca blog ini) mengetahui hal itu. Kita mempunyai anggota baru,anak-anak, orangtua, pengunjung dan yang lainnya yang mungkin tidak begitu jelas atau tidak mengetahui sama sekali. Karena itu meruapakan kewajiban saya untuk membicarakan hal ini.
Sebagai suatu fakta, orang yang tidak begitu paham dengan Alkitab mungkin bingung dan menganggap aneh orang yang tidak menyambut dengan gembira akan Christmas. Dari semua, perhatikans emua pelanggaran sekolah, perkelahian atau tauran, meniadakan doa sebelum kelas dimulai dan sentimen anti agama di negeri ini, seseorang akan berpikir bahwa gereja-gereja harus bersyukur kepada Allah untuk Christmas.
Tetapi tidak demikian halnya. Dalam menyembah Allah, kita tiodak melakukan segala sesuatu hanya akrena itu bagus atau saya suka itu. Kita melakukan segala sesuatu berdasarkan otoritas Firman Allah. Jadi kecuali Alkitab mengindikasikan bahwa Yesus lahir pada tanggal ini, kita tidak punya otoritas, tidak perduli seberapa indah itu kelihatannya, untuk merayakan 25 Desember.
Jadi pada pagi hari ini syaa ingin menjelaskan selama beberapa menit akan kebingungan yang terjadi sekarag ini tentang hari libaur ini. Dan berharap orang Kristen dapat membawa kemuliaan kepada Allah. Jadi dnegarkan saya sambil saya menjelaskan beberapa hal yang kurang jelas.
A. Christmas bukanlah hari kelahiran Kristus
Di beberapa tempat di dunia memperingati tgl 6 Januari sebagai ahri kelahiran Yesus ( Ortodox Timur ), sebagian memperingatinya apda tanggal 17 Desember. Tetapi mayoritas memperingati tanggal 25 Desember, dans ebagain tidak memperingatinya sama sekali. Saya tidak dapat membuka Alkitab dan mengatakan kepada saudara kapan Kristus lahir, Alkitab tidak memberitahukan tanggalnya. KItab Ibjil, dua Injil yaitu Matius dan Lukas memberikan yang paling lengkap seputar kelahiran Kristus tetapi tidak satupun dari kedua kitab ini yang menceritakan tanggal kelahiranNya. Matius 1:18 ; 2:1 mengatakan kepada kita bahwa Yesus lahior di tempat makan binatang atau kandang binatang di Betlehem dari seorang perawan bernama Maria. Raja Herodes tau dari para penasehatnya bahwa bayi yang baru lahir ini akan menjadi Raja. Raja Herodes ingin melindungi atau mempertahankan takhtanya dan memutiskan untuk membunuh semua bayi yang baru lahir. Untuk menghindari penganiayaan dari Herodes, keluarga duniawi Yesus pergi ke Mesir dan tinggal disana untuk sementara. Ketika Herodes mati, mereka kembali untuk tinggal di Nazareth dan disanalah yesus besar. Lukas menambahkan sedikit lebih lengkap. Luaks 2:1- dst. Alasan maria dan Yusuf ke Betlehem adalah akrena perintah Kaisar Roam ( kaisar Agustus) agar setiap orang disensus. Ayat 7 Yesus lahir di kandang domba. Para malaikat mengabarkan kelahiran dalam ayat 8, Siomeon seorang yang taat beribadah (saleh) mengucap syukur pada ayt 25 dan hana, seorang nabiah melakukan hal yang sama dalam ayat 36-38. Dalam ayat 41 Lukas menceritakan suatu peristiwa ketika Yesus berusia 12 tahun, emmbuat takjub apra guru dan ahli tautrat akan pengetahuan Yesus akan Alkitab sewaktu Dia berada di Yerusaelm untuk kunjungan sinhgkat. Tidaka da satupun baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru yang menyebutkan tanggal 25 Desember sebagai hari kelhairan Yesus.
Lagi pula, banyak kesalahan telah amsuk kedalam versi yang terkenal akan kelhairan Yesus. Alkitab tidak menyebutkan secara khusus berpaa banyak orang bijak (majus) yang ada disana, hanya jumlah persembahan ( Matius 2:11 ) :emas, kemenyan dan mur . Tiga persemabahn bukan berarti tiga orang majus. Bisa saja lebih dari itu. Orang Majus tidak mengunjungiYesus pada malam saat Dia lahir, tapi setelah itu. Catatan mengatakan mereka masuk kesalam "rumah" (Matius 2:11 ) . Semua itu menjadi tetap untuk kehidupan dan kebenaran.
Jika Yesus Kristus ingin kita menyembah (merayakan) kelahiranNya, Dia akan mengatakannya dengan ejals kapan Dia lahir. Dia akan memberikan beberapa contoh atau petunjuk kepada kita untuk diikuti tetapi tidak ada samasekali. Sebagais uatu fakta, II Petrus 1:3 mengatakan keapda kita bahwa telah diberikan kepada kita segala sesuatu yang berguna untuk hidup yang saleh oleh pengenalan kita akan Dia, yang telah memanggil kita oleh kuasaNya yang mlia dan ajaib itu. agar kita tahu apa kehendak Tuhan, kita harus membaca FirmanNya. Jadi jika firman Tuhan - Alkitab tidak mengatakan apa - apa tentang hari kelahiran Yesus , maka masuk akal untuk menyimpulkan bahwa hari kelahiran Yesus tidaklah penting untuk keselamatan kita. Jadi jika alkitab tidak memberikan otoritas perayaan hari Kristus, Dari mana itu berasal?
Mengapa Christmas dihubungkan dengan kelahiran Yesus ? petanyaan itu membawa kita kepada poin yang kedua.
B. BAGAIMANA SEMUA PERAYAAN INI DIHUBUNGKAN DENGAN KELAHIRAN YESUS ?
Diambil dari Encarta Encyclopedia: Sebagian besar sarjan percaya bahwa Christmas dimulai pada abad ke 4 sebagai pengganti sebagai perayaan berhala pada musim dingin ( Winter Solistice ) yaitu matahari berada paling selatan mulai tanggal 20 atau21 Desember. Sebelum memperkenalkan, setiap tahun pada tanggal 17 Desember orang orang Roma menghormati Saturnus , dewa kuno pertanian. dalam sebuahfestifal disebut saturnalia. Festifal ii berlangsung selama tujuh Hari dan termasuk perayaan berhala muim Dingin ( Winter Solstice ) dengan berpatisipasi dalam ritual-ritual untuk memuliakan ( menyembah ) Mithra, Dewa terang persia kuno.
Semua ini dan festival musimsalju lainnya berlangsung sampai tanggal januari , Festival Kalends, ketika orang roma menandai hari akan bulan baru dan hari pertama dalam bulan dan tahun...
Gereja ktolik Roma memilih tangal 25 Desember sebagai hari perayaan penduduk asli agar memberikan arti kekristenan kepada ritual-ritual penyambahan berhala . Sebagai contoh, Gereja menggantikan festival-festival menghormati kelahiran Mithra, dewa terang , dengan Festval untuk mempringati kelahiran Yesus , dalam Alkitab disebut terang dunia. gereja katholik berharap menarik para penyembah berhala masuk kedalam agamanya dengan membiarkan mereka tetap dalam kegembiraan mereka sementara pada waktu yang sama menghormati kelahiran Yesus.
ini membawa kita kepada poin ke tiga
C. SEKARANG KITA SUDAH TAHU DARIMANA ASAL CHRISTMAS (NATAL), APA YANG KITA HARUS LAKUKAN ?
Baik, kita tidak dapat merayakan kelahiran Yesus pada 25 Desember, sebab kita akan merayakan kebohongan tapi bagaimanapun kita dapat merayakan hal-hal lainnya:
Kita dapat merayakan :
Kematian & kebangkitan Kristus- I Korintus 11:23-26, "Perbuatlah ini sebagai peringatan akan Aku". Orang Kristen diberikan kesempatan untuk mengingat kematian Yesus diatas salib,penguburan dan kebangkitanNya. Kesempatan ini tidak datang sekali setahun pada 25 Desember, kita memperoleh kesempatan ini setiap minggu. Mari kita gunakan itu sebaik - baiknya, sebab Yesus mati bagi kita sehingga kita boleh diselamatkan . Melalui kematianNya , kita memperoleh kesempatan akan kemuliaan kekal di sorga bersama Allah. Melalui kematiannya kita memperoleh kesempatan menjadi orang kristen ( 1 Petrus 4 : 16 ), Mari kita rayakan . Allah telah memberikan kita segala berkat rohani ( Efesus 1 : 3). Kadang - kadang suatu tragedi terjadi kepada seseorang agar kita mengingat segala berkat kita. Mari kita rayakan bahwa kita berada disini dan hidup serta bebas. Kita mempunyai kebebasan untuk beribadah dan mengemukakan pendapat . Kita mempunyai kebebasan untuk membaca Alkitab. Kita mempunyai kebebasan untuk berdoa dan menyanyikan pujian. Kita mempunyai kebebasan menyerukan nama Yesus untuk menyelamatkan kita dari dosa berdasarkan ketaatan kita . Sewaktu kita merayakan , jangan kita lupa kesempatan yang kita miliki sebab perobahan dalam sikap dalam diri manusia ( Matius 28 : 18-20) . Sangat menherankan perubahan orang melalui Christmas. Tetangga yang bahkan tidak melihat apa yang saudara perbuat selama setahun, tiba-tiba berkata , " Merry Christmas " . Orang berjalan dijalan raya tersenyum kepada saudara jika saudara memperhatikan jalannya . Ketika saudara mengetuk pintu seseorang , mereka lebih senang membuka pintu dan menyuruh saudara masuk selama perayaan ini. Dimana-mana orang ditaklukkan oleh musim penuh kasih dan ucapan syukur ini. Mereka lebih senang mendengar Injil. Sebagai suatu fakta , barangkali mereka tidak pergi ke gereja pada hari lainnya,tetapi mereka senang datang sewaktu Christmas dan permulaan tahun baru.
Inilah alasan untk merayakan, olehakrena orang Kristen diwaktu ini mempunyai kesempatan untuk melayani lebih baik dari waktu lain selama setahun. Itu sangat menakjubkan.
Kesimpulan :
Yesus tidak lahir 25 Desember dan orang Kristen tidak boleh mendukung kebohongan ini. Jika Kristus mau kelahiranNya dirayakan, maka Dia akan menjelaskan itu kepada kita. Kita tidaka da perintah atau contoh dalam Alkitab untuk mendukung tanggal 25 Desember, jadi kita tidak akan ambil bagain dalam mythos ini . Arti sebenarnya akan Christmas adalah bahwa itu waktu dimana sebagaianbesar orang mengenal orang miskin dan yang terabaikan , keluarga berkumpul, segala kesedihan dan kemurungan dilupakan meskipun hanya untuk sementara. Christmas adalah hari libur umu untuk menghias rumah saudara. Waktu untuk berbagi dan memberi. Waktu untuk mengingat orang miskin dan orang kurang beruntug. Waktu untuk bersyukur dan menunjukan penghargaan. Waktu untuk memberikan ahdiah. Waktu bagi keluarga dan kebersamaan dan waktu untuk bergembira dan bersukaria. Jsdi nikmati waktu untuk bersenang, tetapi jangan nnyankan lagu seolah-olah Yesus lahir pada 25 Desember, dan jangan bawa atau pengaruhi orang lain untuk percaya bahwa Christmas adalah perayaan agama yang istimewa bagi saudara. Orang Kristen dapat menggunakan kesemaptan ini akan fakta bahwa banyak orang akan berpikir perkara rohani sewaktu periode ini. Ini adalah waktu yang baik untuk mengundang tetangga saudara datang kebaktian, mengataka kepada orang yang belum percaya tentang Yesus Kristus. Ini adalah waktu yang baik untuk memberitahkan kepada saudara-saudara kita supaya mereka tau bahwa saudara sangat mengasihi mereka. Ini adalah waktu yang baik untuk menjadi orang Kristen.
Jika saudara berada disini pada pagi hari ini dan saudara menyadari bahwa saudara telah merayakan hal yang salah, perbaiki itu. Jika saudara telah hidup tanpa Allah, sekarang waktunya untuk memperbaiki. Jika saudara telah berpaling dari Allah dan tidak setia, perbaiki sekarang. Saudara telah membaca 9mendengar) firman, saudara harus percaya itu, bertobat dari segala dosa saudara. Jika saudara telah menajdi orang Kristen tetapi telah kembali kepada dunia, maka bertobatlah dan kembali kepada Allah. Kami akan membantu saudara untuk membuat keputusan yang benar.
Notes : Jika saudara ada pertanyaan, silahkan email ke : alepson2001@yahoo.com