Friday, February 6, 2009

Steal (Mencuri )

Apakah Mencuri itu Dosa ( It is A Sin To Steal ) ?

By : Ed Crookshank


Mencuri adalah problem di seluruh dunia. Itu terdapat dalam setiap budaya dan masyarakat. Agar apa itu mencuri, mari kita ajukan beberapa pertanyaan dan kemudian menjawabnya dari Alkitab . Apa itu mencuri ? Bagaiamana orang mencuri ? Apakah mencuri itu dosa ? Apakah harus ada hukuman bagi pencuri ? Bagaimana seseorang yang telah mencuri dapat diampuni ?

Apa itu mencuri ? Seorang yang mencuri dikenal sebagai pencuri atau perampok. Seorang pencuri adalah seorang yang mengambil sesuatu yang menjadi milik orang lain tanpa seijin pemiliknya. Sebagai contoh, ibaratkan s aya memiliki sebuah radio. Saudara tau bahwa itu milik saya, dan anda ingin memilikinya. Suatu hari ketika saya pergi dari rumah, saudara masuk dan mengambil radio saya tanpa seijin saya. Anda adalah seorang pencuri ! Anda telah emngambil milik saya tanpa seijin saya. Tidak ada seorangpun berhak mengambil milik orang lain tanpa sepengetahuan pemilik. Jika ada orang yang melakukannya , dia berdosa karena mencuri.

Ada juga cara lain seseorang mencuri. Jika seorang murid menyontek dis ekolah, dia bersalah karena mencuri. Dia telah mengambil informasi dari orang lain dan mengakui itu adalah miliknya. Ini adalah ketidakjujuran. Itu adalah dosa ! Cara lain seseorang dapat mencuri dengan cara meminjam sesuatu dan tidak pernah mengembalikannya. Tidak perduli berpa kecil atau betapa jurahnya benda itu, seseoranf bersalah akrena mencuri jika dia meminjamnya dan tidak mengembalikannya.

Jenis paling buruk pencurian adalah mencuri dari Allah. Banyak orang mencuri dari Allah tanpa dia menyadarinya. Ketika kita tidak memberi sebagaimana Allah memberkati kita, kita merampok Allah ( I Korintus 16:1,2; Maleakhi 3:8 ). Banyak juga orang mencuri waktu dari Tuhan. Orang yang mengaku sebagai orang Kristen, tetapi tidak pergi ke gereja (kebaktian) pada hari Minggu,dia mencuri waktu dari Allah. Orang-orang yang tidak menyediakan waktu untuk mengajar orang lain akan Injil juga bersalah akrena mencuri waktu dari Tuhan.

Mengapa orang mencuri ? Sebagian orang mencuri karena mereka pikir itu adalah terpaksa agar mereka mempunyai makanan dan pakaian. Barangkali mereka tidak punya uang dan tidak tau bagaimana menafkahi keluarga mereka sehingga mereka mencuri dari seseorang. Mereka pikir kebutuhan mereka membenarkan perbuatan salah mereka. Tetapi mencuri tidak pernah benar ! Tapi bagaimanapun Alasan utama, bahwa sebagian besar orang mencuri, itu adalah akrena ketamakan atau kerakusan. Tamak adalah dosa yang mengerikan. Itu menyebabkan orang melakukan banyak perkara jahat termasuk mencuri ( Kolose 3:5 ).
dari sejak permulaan waktu, mencuri telah menjadi suatu dosa. Itu dilarang dalam Hukum Musa ( Keluaran 20:15 ). Itu dilarang dibawah Hukum Kristus ( Roma 13:9 ). Paulus memerintahkan orang Kristen di Efesus:"Orang yang mencuri, janganlah ia mencuri lagi, tetapi baiklah ia bekerja keras dan melakukan pekerjaan yang baik dengan tangannya sendiri, supaya ia dapat membagikan sesuatu kepada orang yang berkekurangan " ( Efesus 4:28 ). Orang Kristen tidak boleh mencuri, tetapi bekerja untuk memnuhi kebutuhan mereka sendiri dan mampu untuk menolong orang yang membutuhkan.
Mengapa mencuri itu buruk ? Itu buruk karena Allah mengatakan demikian. Mencuri adalah dosa. Yang seharusnya mengasihi sesamanya seperti diri sendiri, pencuri mengambil milik sesamanya. Berapa banyak diantara kita yang ingin orang lain mengambil miliknya tanpa seijin kita ? Alkitab mengajarkan bahwa kita melakukan kepada orang lain seperti kita berharap mereka akan lakukan kepada kita ( Matius 7:12 ).
Hukuman bagi pencuri dalam Perjanjian Lama adalah sangat keras. Kadang-kadang pencuri dihukum mati. Apa saja yang dicuri harus dikembalikan beberapa kali lipat sebagi denda. Para pencuri perlu dihukum sekarang ini sama seperti pada zaman dahulu.
Orang yang mencuri perlu berhenti SEKARANG ! Dia perlu bertobat sama seperti yang dilakukan orang Korintus ( I Korintus 6:9-11 ). Pertobatan diperlukan sehingga dia berdamai dengan orang yang darinya dia mencuri. Kemudian dia perlu mengakui imannya dalam Yesus Kristus, bahwa Dia adalah Anak Allah ( Kisah rasul 8:37 ) dan dibaptiskan untuk pengampunan segala dosanya ( Kisah Rasul 2:38 ). Allah akan mengampuni pencuri yang sungguh-sungguh bertobat dan emnjadi orang Kristen. Bagaimana dengan saudara ? Apakah saudara bersalah karena mencuri ? Maka saudara perlu bertobat dan melakukan apa yang Allah perintahkan kepada saudara. Jika kami dapat membantu saudara untuk memberitahukan jalan kebenaran dan mentaatinya, hubungi kami : alepson2001@yahoo.com. Kami menunggu email dari saudara .
Alepson S ( yang menterjemahkan artikel ini )